+62 811-8805-538 (Ais) info@urbanplastic.id

Kawat Bronjong

  1. Home
  2. /
  3. Produk
  4. /
  5. Kawat Bronjong

Apa itu Kawat Bronjong?

Kawat bronjong, yang dikenal juga sebagai gabion, adalah struktur berbentuk kubus atau persegi panjang yang terbuat dari anyaman kawat baja galvanis. Struktur ini biasanya diisi dengan batu atau material serupa dan digunakan dalam berbagai proyek konstruksi. Kawat bronjong biasanya terbuat dari kawat baja galvanis untuk mencegah korosi. Ada juga bronjong yang dilapisi PVC, terutama untuk lingkungan yang lebih korosif. Teknik anyaman kawat yang kuat menjamin struktur tetap utuh meskipun ada beban berat dari isi batu. Keunggulan lain dari kawat bronjong adalah fleksibilitasnya. Berbeda dengan struktur penahan lain seperti beton yang cenderung kaku, kawat bronjong dapat menyesuaikan diri dengan dinamika perubahan tanah. Selain itu, biaya pembuatannya yang relatif lebih rendah menjadikannya pilihan favorit di kalangan kontraktor dan arsitek.

jual kawat bronjong

Spesifikasi

  • Kualitas = Tidak mudah berkarat
  • 1 pack = 20 unit & kawat ikat
  • Berat 100 unit = 1200 kg
  • Unit standard = 2m x 1m x 0.5m
  • Bisa custom ukuran

Ukuran

Ukuran (P x L x T) meterBergalvanis Tebal Mesh 8×10Bergalvanis Tebal Mesh 10×12
2 x 1 x 0.5 (Standard)Kawat 2.7 mmKawat 2.7 mm
Kawat 3 mmKawat 3 mm

Kelebihan Kawat Bronjong

Kawat bronjong, yang juga dikenal sebagai gabion, memiliki berbagai kelebihan yang menjadikannya pilihan populer dalam bidang konstruksi dan teknik sipil. Berikut adalah beberapa kelebihan dari kawat bronjong:

  • Durabilitas dan Ketahanan

Terbuat dari kawat baja galvanis, kawat bronjong tahan terhadap korosi, sehingga memiliki daya tahan yang lama dalam berbagai kondisi lingkungan.

  • Fleksibilitas

Berbeda dengan struktur beton atau batu yang kaku, kawat bronjong dapat menyesuaikan diri dengan pergerakan tanah atau pemendaman tanpa rusak, menjadikannya ideal untuk area yang mengalami perubahan tanah atau gerakan tektonik.

  • Biaya Efektif

Dibandingkan dengan beberapa metode konstruksi lain, kawat bronjong cenderung lebih ekonomis baik dari segi material maupun pemasangan.

  • Pemasangan Cepat

Proses instalasi kawat bronjong relatif sederhana dan cepat, tidak memerlukan peralatan khusus atau tenaga kerja yang sangat terampil.

  • Permeabilitas

Struktur kawat bronjong memungkinkan air mengalir melalui batu-batu di dalamnya, yang mengurangi risiko erosi dan tekanan hidrostatik yang bisa menyebabkan dinding runtuh.

  • Kestabilan

Bronjong dapat meningkatkan stabilitas tanah dengan menahan tanah di tempatnya dan mencegah longsor atau pergeseran.

  • Integrasi Lingkungan

Kawat bronjong dapat dengan mudah diintegrasikan dengan lingkungan sekitarnya, dan dapat ditumbuhi oleh vegetasi, menciptakan tampilan yang alami.

Mengapa kawat bronjong lebih disukai daripada struktur penahan lainnya?

Kawat bronjong lebih disukai karena fleksibilitas, permeabilitas, dan durabilitasnya. Dapat mengakomodasi pergerakan tanah tanpa kehilangan integritas struktural, menjadikannya ideal untuk area dengan tanah yang tidak stabil. Struktur permeabel mengurangi tekanan air dan mencegah erosi. Instalasi yang cepat, biaya rendah, dan pemeliharaan minimal menjadikan kawat bronjong solusi yang ekonomis dan efisien dibandingkan dengan struktur penahan lain seperti dinding beton.

Apakah kawat bronjong tahan lama?

Kawat bronjong umumnya sangat tahan lama. Dibuat dari kawat baja yang dianyam atau dilas dan seringkali dilapisi dengan bahan tahan korosi seperti zinc atau PVC, kawat bronjong dapat bertahan selama bertahun-tahun bahkan dalam kondisi lingkungan yang keras. Durabilitasnya dapat ditingkatkan dengan pemilihan material yang tepat, desain yang tepat, dan instalasi yang benar, menjadikannya solusi yang efektif untuk kontrol erosi dan dukungan struktural jangka panjang.

Bagaimana cara memasang kawat bronjong?

Untuk memasang kawat bronjong, pertama, persiapkan dan haluskan area. Kemudian, rakit panel kawat dan posisikan di lokasi yang diinginkan. Isi kawat bronjong dengan batu atau material penimbun lainnya, dan pastikan struktur tetap stabil dan rapi saat pengisian. Tutup bagian atas bronjong dan kencangkan kawat penutup untuk mengunci batu di dalam. Akhirnya, pastikan struktur bronjong sesuai dengan spesifikasi desain dan stabil pada lokasi.

Apakah saya bisa menanam tanaman di kawat bronjong?

Anda bisa menanam tanaman di kawat bronjong. Penanaman tanaman dapat memberikan manfaat estetika dan lingkungan, seperti pengendalian erosi dan habitat satwa liar. Pilih tanaman yang tahan terhadap kondisi lokal dan dapat tumbuh di antara batu-batu bronjong. Tanaman perakaran dalam dapat menambah kestabilan struktur dengan menjalin batu dan tanah di sekitar. Pastikan tanaman mendapatkan nutrisi dan air yang cukup untuk tumbuh sehat.

Bagaimana perawatan kawat bronjong?

Perawatan kawat bronjong melibatkan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi dan memperbaiki area yang rusak atau terkikis, memastikan integritas struktural tetap terjaga. Vegetasi yang tumbuh pada bronjong harus dipantau untuk menghindari pertumbuhan yang dapat merusak struktur. Kawat yang rusak harus diperbaiki atau diganti untuk mencegah keruntuhan. Memastikan bahwa bronjong tetap stabil dan bebas dari tekanan yang berlebihan juga merupakan bagian penting dari perawatan bronjong.

Produk Lainnya

jual pipa hdpe

Pipa HDPE

Pipa HDPE (High-Density Polyethylene) adalah pipa yang terbuat dari polietilena berdensitas tinggi dan digunakan dalam berbagai aplikasi termasuk pengairan, pasokan air bersih, jaringan gas, dan lain-lain.

jual geogrid

Geogrid

Geogrid digunakan untuk memperkuat tanah pada lereng, memperkuat konstruksi jalan, dan sebagai abutment jembatan.  Proses pengaplikasian geogrid cepat dan mudah dengan harga yang murah.

id_IDIndonesian